Bisnis Komik Online, Tips Cara Memulai Bisnisnya



Sebelum membahas cara memulai bisnis komik online, penulis perlu menjelakan maksud dari komik online. Seperti kebanyakan komik yang beredar, komik masih menggunakan media kertas. Nah, di sini hanya membahas masalah komik online yang berbentuk digital. Bisa dikatakan ebook komik. Bila ada perkataan “komik online”, maksud ini adalah ebook komik alias komik digital yang dijual secara online.


Sekarang ini, pembuatan ilustrasi atau kartun komik sudah dimudahkan dengan mengandalkan alat digital yakni Photoshop, CorelDrow atau Ilustrator. Bila penggambaran menggunakan alat digital, bagaimana bila percetakan komik lebih kepada pecetakan digital? Hal itu bisa dianggap serasi. Percetakan digital bisa menghemat biaya untuk kertas, tinta dan sebagainya. Anak-anak sekarang pun sudah rutin menggunakan tablet dan smartphone untuk bermain game. Itu artinya, aktifitas membaca komik bisa diarahkan dengan media tablet.

Namun, bagaimana dalam segi bisnis bisnis bila mau menjual komik online? Penulis langsung saja menganalisa.

1. Buatlah Komik Online Menarget Anak Remaja

Anak remaja masih memiliki jiwa kekanak-kanakan bila berumur di atas 15 tahun. Artinya, mereka lebih seneng membaca buku yang ringan. Memang, novel dianggap buku ringan dibaca untuk kalangan anak remaja. Tetapi, tidak semua anak tertarik dengan novel mengingat masih dipenuhi deretan kata tanpa gambar. Mereka justru lebih menginginkan nonton film karena bisa membaca cerita secara audio-visual. Nah, dari sini, apakah anda mengerti maksudnya? Maksudnya adalah, ketika pembuatan novel menarget anak remaja, langkah ini dianggap tepat. Ciri khas yang kental ilustrasi atau kartun bisa menjadi daya tarik untuk anak karena lebih mirip dengan adegan film. Makanya, komik juga laku dikalangan remaja.

2. Buatlah Alur Cerita Mengangkat Cerita Nusantara

Komik yang mengangkat nilai budaya nusantara Indonesia memang kurang laku. Tetapi inilah ceruk pasar yang minim persaingan. Solusinya anda harus membuat cerita yang menarik. Ada banyak cerita yang menarik dianggat dalam sebuah komik yang dipadupadankan dengan ilustrasi yang tidak kalah dengan komik ala Jepang.

Anda orang Indonesia yang tinggal di Indonesia, apakah tidak aneh membuat novel budaya Jepang?

3. Buat Ilustrasi Komik Full Collor

Kelemahan komik cetak kertas adalah tidak bisa full collor karena biaya pecetakan yang agak mahal daripada tanpa warna. Makanya, rata-rata komik tidak memiliki warna pada ilustrasi. Namun karena mau mencetak komik online alias komik digital, anda bisa mengupayakan full collor untuk ilustrasi atau gambar yang ada pada komik.

4. Pasarkan Komik Online Lewat Play Store Google

Kesulitan memasarkan komik online adalah tidak bisa menarget untuk anak remaja. Anak remaja lebih senang mencari situs-situs tempat berkumpulnya game gratisan. Di play store Google, banyak sekali game gratisan dan juga berbayar. Nah, anda bisa manfaatkan play store untuk memperkenalkan komik online anda. Bila memanfaatkan play store, anda harus memiliki kartu kredit untuk membayar pendaftaran dengan harga sekitar $25 (saat artikel ini ditulis).

Maka dari itu, anda bisa menseriuskan usaha komik online ini agar bisa maksimal memanfaatkan sarana penjualan lewat play store. Anda bisa berpaya membuat komik lebih dari satu. Memang berat. Anda pun bisa mengajak para komikus untuk bergabung bersama anda dengan tarif yang lebih murah.

Catatan penting bila komik online dipasarkan lewat play store. Komik itu sudah pasti terlindungi oleh aplikasi lainnya. Artinya, aplikasi khusus untuk bisa membaca ebook. Maka dari itu, anda bisa mengandalkan jasa pembuat aplikasi yang mampu menanganinya.


2 Responses to "Bisnis Komik Online, Tips Cara Memulai Bisnisnya"

  1. Minimal deposit 50rb
    Bonus member baru 30%
    Bonus harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolay0

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    BalasHapus
  2. Minimal deposit 50ribu
    Bonus Member 30%
    Bonus Harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bit.do/bolayo

    Whatsapp kami
    bit.do/WA_BOLAYO

    +6282321807397

    BalasHapus