Contoh Bisnis Online di Kampung, 3 Studi Kasus Kesuksesan



Bagaimana contoh bisnis online di kampung yang bisa menghasilkan kesuksesan? Nah, anda jangan tertipu dengan bahasa atau kata “Kampung” atau “Desa”. Selagi bisa bisa ada koneksi internet, orang dari mana saja bisa menghasilkan uang dari internet. Hal ini tidak ada penyekat mengingat era interent bisa menyatukan yang jauh. Jadi, ada yang salah dan aneh bila ada orang kampung meraih kesuksesan di bisnis online?


Kalau begitu, mengapa penulis menjelaskan contoh bisnis online di kampung? Penjelasan di luar konteks tentu hal yang harus dilakukan. Penjelasannya berdasarkan studi kasus kesuksesan seseorang yang menjalankan di kampung. Mungkin hal ini dianggap tidak aneh. Tetapi, hal yang harus dijelaskan adalah bagaimana komunitas di kampung menghasilkan orang-orang sukses. Ini isa menjadi contoh bagaimana kesuksesan pribadi berbuah kesuksesan bersama. Berbagi kesuksesan inilah yang akan penulis jelaskan sesuai yang dilansir dari Maxmanroe.com.

Hal di atas pun sebagai catatan bahwa desa harus menjalankan program pembekalan berbisnis online. Dengan seperti ini, pertumbuhan ekonomi desa bisa meningkat asalkan ada proyek kerjasama antara desa dan para peserta yang ikut dalam pembekalan.

Berikut penjelasan contoh bisnis online di kampung dan beberapa studi kasus kesuksesan bisnis lewat media internet.

Bisnis Blogging ala Kampung Blogger

Penulis membatasi bisnis blogging yang di maksud judul. Bisnis blogging yang di maksud adalah bisnis yang memanfaatkan blog sebagai sumber penghasilan tanpa perlu mengurus operasional kantor. Bagaimana contohnya? Contoh dari itu adalah bisnis adsense atau biasa dikenal dengan nama Google Adsense. Ya, mereka berfokus pada program adsense sebagai bisnis dan penghasilan mereka.

Itulah yang dilakukan pada kominitas Kampung Blogger yang berada di desa Magelang, Jawa Tengah. Pencetus dari Kampung Blogger adalah bernama Sumbodo Malik yang memang sudah berpengalaman dalam meraih penghasilan. Mungkin, sebagian dari para publisher adsense tidak akan mudah berbagi kecuali dengan uang yang mahal untuk orang miskin. Tetapi, melalui komunitas, Sumbodo Malik berbagi ilmunya untuk sama-sama merasakan kesuksesan dari blogging adsense.

Bagaimana menjalankan blogging bagi komunitas Kampung Blogger? Mereka membangun blog berbahasa Inggris. Inilah yang membuat mereka sukses menghasilkan puluhan juta bahkan ratusan ribu rupiah. Inilah poin penting yang bisa diambil.

Anda bisa membangun komunitas ketika sudah merasakan keberhasilan dan mereka membutuhkan. Kedua, membangun pembelajaran bahasa dan penulisan. Tentunya, anda bisa mengajari komunitas seputar ilmu blogging. Hal ini bisa meningkatkan penghasilan per desa alias kampung akibat banyak penghasilan yang didapatkan kalangan orang kampung.

Jualan Online ala Kampung Marketer

Kampung Marketer dipelopori oleh Novi Nofi Bayu Darmawan. Tempanya berada di dareah Purbalingga. Ia pun sebagai seorang marketer Facebook Ads dan kebetulan membuka jasa Facebook Ads (mungkin sekarang masih setelah pembayaran bisa dengan rupiah). Ia keluar dari pekerjaan kantoran yang statusnya sudah pegawai PNS untuk mendalami bisnis online. Upayanya membuahkan hasil dengan menjadi seorang ahli berjualan sekaligus ahli dalam Facebook Ads.

Nah, dari pengalamannya, ia berbagi pengalaman bagaimana berjualan produk fisik walaupun dari kampung. Intinya adalah jualan berjenis online shop dengan mengandalkan Facebook Ads sebagai media canggih yang akan membantu mereka berjualan bisnis.

Patut diakui bahwa berjualan online produk fisik jauh lebih sulit daripada membangun blog untuk kepentingan adsense. Kesulitannya terletak pada penjualannya. Siapa yang mau beli? Pertanyaan ini harus dijawab dengan beberapa tips dan strategi. Belum lagi masalah teknik pengemasan, jangkauan jasa kurir dan sebagainya.

Makna yang bisa anda ambil adalah ketika anda sudah berhasil berjualan online, pertanda bahwa mereka yang ada di dekat rumah anda bisa melakukan jualan online. Alasannya, anda dimudahkan dalam berjualan karena ada jasa kurir di dekat daerah anda. Ini sebagai salah satu tanda keberhasilan anda memang bisa untuk mereka.

Menjadi Artis YouTube walaupun Tinggal di Kampung

Anda tahu siapa saja orang kampung yang menjadi artis youtube atau biasa disebut Youtuber masuk TV? Pada intinya, banyak sekali orang-orang kampung yang berhasil tenar karena menampilkan vdio unik khas desanya. Masing-masing wilayah, desa atau apalaha yang masih mempertahankan tradisi leluhur akan dianggap unik dan menjadi daya tarik ketika ditampilkan di Youtube. Inilah peluang untuk orang kampung yang kaya tradisi yang bisa dimanfaatkan.


1 Response to "Contoh Bisnis Online di Kampung, 3 Studi Kasus Kesuksesan"

  1. Guys, maaf numpang share ya...silahkan kunjungi website saya www.sukaho.com , Dijamin anda tidak akan rugi !! kunjungi sekarang. Thanks :)

    BalasHapus